NASIONAL

Presiden Jokowi Angkat Suara Terkait Isu Menteri di Kabinetnya Akan Mundur

×

Presiden Jokowi Angkat Suara Terkait Isu Menteri di Kabinetnya Akan Mundur

Sebarkan artikel ini
Menteri Kabinet Indonesia Maju. Foto: kominfo.go.id

MEREBEJA.COM – Presiden Joko Widodo angkat bicara terkait mencuatnya isu sebagian menteri-menteri pada pemerintahannya akan mundur. Secara tegas Jokowi mengatakan bahwa sejauh ini, para pembantu presiden tersebut masih tetap menjalankan tugasnya dengan baik.

“Ya kabarnya dari siapa? Wong kita tiap hari dari pagi, sampai sore, pagi, siang, malam, kita rapat paripurna, rapat internal, rapat terbatas selalu tidak pernah ada jedanya, setiap jam, gonta-ganti rapat. Gonta-ganti menteri juga tidak ada masalah,” ungkap Jokowi di Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Jokowi menyebut, isu tersebut naik ke permukaan karena tahun 2024 ini merupakan tahun politik.

“Ya namanya bulan dan tahun politik semua hal pasti akan berkaitan dengan hal-hal yang bersifat politik. Tapi biasa kok kita kerja rutin seperti biasa,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Ia menyebut isu mundurnya 15 Menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) hanya kabar burung dan desas-desus semata.

Saya mantan panglima langsung tanggap, ngerti saya itu, ada tujuan itu. Tujuannya untuk menggoyang ini, menggoyang pemerintah pemerintahan yang sudah baik-baik ini, merongrong dan seterusnya,” tegas Moeldoko.

Sebelumnya ada spekulasi bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani adalah salah satu dari beberapa menteri yang mungkin mengundurkan diri di tengah ketidakpuasan atas manuver politik Presiden Joko Widodo dalam mempertahankan pengaruhnya setelah ia meninggalkan jabatannya pada Oktober 2024.

Namun hal tersebut juga terbantahkan saat Sri Mulyani ditemui di Istana Negara usai melakukan rapat dengan presiden, dirinya enggan menjelaskan terkait isu tersebut, dia menyebut saat ini hanya fokus bekerja.

“Saya kerja, saya kerja, oke makasih,” jawabnya singkat.