REGIONAL

Murni Inisiatif Relawan, WCD 2023 Tasikmalaya Bukan Rangkaian Giat Pemerintah

×

Murni Inisiatif Relawan, WCD 2023 Tasikmalaya Bukan Rangkaian Giat Pemerintah

Sebarkan artikel ini

Merebeja.com – World Cleanup Day 2023 Calling All Volunteers Kota Tasikmalaya sukses digelar pada Sabtu 23 September 2023. Sebanyak 2.500 Relawan dari berbagai komunitas dan pelajar terjun di Hari Bersih-bersih Sedunia ini.

Ketua Penyelenggara WCD Tasikmalaya Teguh Gusmantara menuturkan, Aksi sosial ini mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut membersihkan dan menjaga kebersihan bumi.

Dalam giat yang dipusatkan di jantung Kota Tasikmalaya ini, para relawan membersihkan sampah di ruas-ruas jalan dan sungai Cimulu Tasikmalaya.

“Dari pungutan sampah tersebut hasilnya terkumpul sekitar 7,5 Ton sampah,” Ucapnya.

“Kegiatan ini dilakukan agar menjadi refleksi terhadap siapa pun untuk peduli soal sampah,” Kata Teguh menambahkan.

Ia menegaskan bahwa kegiatannya itu bukan diadakan oleh pemerintah melainkan murni inisiatif dari berbagai komunitas juga relawan yang ada di Kota Tasikmalaya khususnya yang peduli terhadap kebersihan.

“Ini bukan kegiatan pemerintah Kota Tasikmalaya, tapi murni dari teman-teman komunitas dan relawan. Kegiatan yang akan dilaksanakan Pemerintah itu besok atau lusa. Kami kecewa karena Pj Wali Kota Tasikmalaya dan Kepala Dinas LH tidak ikut hadir, dan itu membuktikan bahwa kegiatan ini bukan kegiatan pemerintah,” Tegasnya.

Padahal, lanjut Teguh, saat audensi kemarin, Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah menyampaikan bakal ikut andil dalam acara yang sudah digagas oleh para komunitas dan relawan tersebut.

Ia pun berterimakasih kepada intansi yang sudah memberikan dukungan pada kegiatan yang digelarnya, baik dukungan Trasbag dan Armada maupun yang terjun langsung ikut berpartisipasi.

Adapun yang ikut berpartisipasi seperti dari Dinas LH, BPBD, Dinsos, Tagana, UPTD Wilayah Sungai Citanduy serta seluruh komunitas dan relawan yang ikut andil dalam kegiatan tersebut.

“Semoga apa yang dilakukan hari ini, tercatat jadi amal kebaikan yang akan diganjar pahala yang berlipat ganda,” Pungkasnya.