REGIONALWISATA

Waspada! Danau Kelimutu Berubah Warna

×

Waspada! Danau Kelimutu Berubah Warna

Sebarkan artikel ini

 

MEREBEJA.COM- Danau Kelimutu yang terletak di kecamatan Kelimutu, kabupaten Ende, dikabarkan telah berubah warna menjadi coklat kehitaman, pada Rabu (22/05/2024).

Kepala pengamatan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gelelogi wilayah Nusa Tenggara Timur, Arios Ghele Raja, membenarkan kejadian ini.

Kepala pengamatan, Arios Ghele, mengatakan bahwa, perubahan warna Danau Tiwu Ata Polo menjadi coklat kehitaman, akibat dari aktivitas vulkanik yang menyebar di daerah tersebut.

“Memang benar adanya perubahan warna Danau Tiwu Ata Polo, hari Rabu kemarin,” ungkapnya.

Arios menjelaskan, meskipun telah terjadi perubahan warna kemarin, tetapi aktivitas vulkanik, khususnya gempa bumi masih fluktuatif tidak mengalami perubahan yang signifikan.

“Berdasarkan hasil pengamatan dari pos pemantauan, gunung Kelimutu belum memberi tanda-tanda perubahan yang signifikan dan kegempaan pun masih fluktuatif hingga saat ini,” sambungnya.

Badan Geologi tetap siap siaga memberikan informasi terbaru kepada masyarakat terkait perkembangan aktivitas gunung api dan kondisi Danau Kelimutu.

“Kami berharap masyarakat tidak boleh mempercayai informasi hoax dari sumber-sumber yang tidak bertanggungjawab,” tegas Arios.

“Kami akan stand by untuk memberikan informasi kepada masyarakat jika ada perubahan dan perkembangan lebih lanjut,” tukasnya. ***