NASIONAL

SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia

×

SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia

Sebarkan artikel ini

MEREBEJA.COM – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka acara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 dan meluncurkan Government Technology (GovTech) Indonesia, Senin (27/5/2024) di Istana Negara.

Kegiatan itu dihadiri oleh para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan Instansi pusat, dan Kepala Daerah.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebagai Ketua Tim Koordinasi SPBE bekerja sama dengan Kementerian BUMN, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Kominfo, Kementerian PPN/Bappenas, BSSN, BRIN, BPKP, Perum Peruri, dan berbagai kementerian/lembaga lainnya termasuk BUMN dalam pelaksanaan SPBE Summit dan penyusunan GovTech.

SPBE Summit 2024, yang diselenggarakan oleh Kementerian PANRB itu bertujuan untuk mendorong perkembangan layanan digital di setiap instansi pemerintah

Dalam acara ini, juga diberikan apresiasi kepada instansi pemerintah yang mencapai nilai pemantauan dan evaluasi SPBE terbaik.

Pemerinta Kota Semarang sendiri mendapatkan peringkat ke-8 Indeks SPBE tertinggi untuk kategori Pemerintah Kota. Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah strategis untuk mempercepat transformasi digital di tingkat pusat dan daerah.

Rangkaian acara SPBE Summit 2024 meliputi Penandatanganan komitmen oleh pimpinan instansi Kementerian/Lembaga yang bertanggung jawab atas sembilan layanan SPBE prioritas dan Pemberian penghargaan Digital Government Award kepada instansi pusat dan pemerintah daerah dengan pencapaian SPBE terbaik dalam enam kategori penerapan SPBE, yaitu Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kota, dan Peningkatan Penerapan SPBE.