REGIONAL

Harga Beras dan Cabai di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya Naik

×

Harga Beras dan Cabai di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya Naik

Sebarkan artikel ini

MEREBEJA.COM – Sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya mengalami kenaikan, mulai dari beras hingga cabai merah.

Kenaikan harga beras dipicu karena belum memasuki masa panen. Ada tiga jenis beras yang mengalami kenaikan harga yaitu beras premium 1, medium 1 dan 2.

Harga yang sebelumnya Rp10.000 kini menjadi Rp15.000, harga tersebut diprediksi akan bertahan hingga masa panen atau sampai bulan Ramadhan.

Salah seorang penjual beras, Robi, mengatakan kenaikan tersebut sejak pertengahan Januari lalu. Dia juga mengatakan faktor cuaca juga menjadi penyebab naiknya harga beras.

“Prediksi harga segini sampai tiga bulan ke depan. Faktornya sendiri karena belum masuk masa panen dan pengaruh cuaca juga,” kata Robi, Selasa (6/2/2024).

Dia juga mengatakan kenaikan harga tersebut berdampak terhadap penjualan.

“Dampaknya yang biasa belanja misalkan 10 kilo sekarang berkurang jadi lima kilo,” imbuhnya.

Sementara itu, cabai merah juga mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi, menyentuh harga Rp120.000. Kenaikan harga tersebut juga dipicu karena faktor cuaca.

“Kenaikannya dari dua minggu lalu, karena kurang pasokan dan kira-kira sampai puasa nanti,” kata Enah, penjual cabai.

Sementara menurut keterangan dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, ketersediaan pangan dan bahan pokok menjelang Ramadhan masih aman. Walaupun sejumlah bahan pokok masih mengalami kenaikan.