REGIONALWARTA

Rekrutmen Bawaslu Wilayah IV Jabar Diperpanjang

×

Rekrutmen Bawaslu Wilayah IV Jabar Diperpanjang

Sebarkan artikel ini

Kota Tasikmalaya, MEREBEJA.COM – Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Bawaslu di Wilayah IV Jawa Barat menentukan perpanjangan masa pendaftaran. Salah satunya disebabkan oleh minimnya minat pendaftar dari kalangan perempuan.

Ketua Timsel Wilayah IV Bawaslu Jabar, Dr. Asep Permadi Gumelar menjelaskan, Wilayah IV Jabar terdiri dari Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Garut.

“Jumlah pendaftar laki-laki jauh lebih dominan dari perempuan. Bahkan di empat kota/kabupaten melebihi kuota yang ada,” Kata Asep, Minggu 11 Juni 2023 di Hotel Santika Tasikmalaya.

Dia berujar, di Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran, pendaftar laki-laki belum memenuhi kuota. Kedua daerah ini, kuota minimal sebanyak 17 laki-laki dan tujuh perempuan.

Pendaftar di Kota Banjar baru 16 laki-laki dan satu perempuan, sedangkan di Kabupaten Pangandaran sebanyak 13 laki-laki dan satu perempuan.

“Atas dasar tersebut, Timsel menetapkan perpanjangan masa pendaftar di Kedua daerah tersebut baik untuk laki-laki maupun perempuan,” Jelasnya.

Brdasarkan Keputusan Ketua Bawaslu Nomor: 173/KP.01/K1/05/2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Bawaslu/Panwaslu Kabupaten/Kota Masa Jabatan 2023-2028 kuota harus terpenuhi.

“Jumlah pendaftar kurang dari 8 kali kebutuhan atau keterwakilan perempuan belum mencapai minimal 30%,” katanya.

Perpanjangan masa pendaftaran berlaku sejak tanggal 13 sampai 21 Juni 2023. Proses pendaftarannya sendiri tetap bersifat normatif, setiap pendaftar harus melengkapi dokumen yang sudah ditentukan.

Pada proses seleksi calon anggota Bawaslu, Kota Tasikmalaya menjadi tuan rumah. Pasalnya Kota Tasikmalaya merupakan daerah yang paling strategis.

Di samping itu, Timsel juga akan melakukan penjaringan, pemilihan, hingga penetapan dengan menerapkan prinsip mandiri, jujur, adil, proporsional, dan profesional. Adapun pendaftarannya menggunakan sistem online dan offline.

Secara offline artinya, pendaftar datang ke sekretariat Timsel dengan membawa berkas sebanyak tiga rangkap.

“Satu berkas asli dan dua berkas salinan. Secara online berarti pendaftar mengunggah berkasnya dalam bentuk softcopy pada kanal yang sudah ditentukan,” Tuturnya.

Terang Asep, jika peserta melakukan pendaftaran secara online, calon anggota tetap harus datang. Sebab selain peserta harus menyerahkan berkas, ada verifikasi data  dan kelengkapan serta syarat dokumen lainnya. Setelah itu, pendaftar akan mendapatkan nomer register.

“Kami berharap kepada para calon pendaftar sesegera mungkin mendaftarkan dirinya dengan kelengkapan berkasnya,” pungkasnya.