NASIONAL

Ma’ruf Amin Bicara Kemungkinan Menjabat Wakil Presiden Lagi

×

Ma’ruf Amin Bicara Kemungkinan Menjabat Wakil Presiden Lagi

Sebarkan artikel ini

MEREBEJA.COM – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin berbicara soal kemungkinan dirinya menjabat lagi sebagai Wakil Presiden RI di periode selanjutnya.

Pernyataan itu disampaikan Ma’ruf Amin saat meninjau Kesiapan PPLN Jeddah Jelang Pemilu, Kamis (8/2/2024).

Ma’ruf mengatakan apabila dilihat dari konstitusi, dirinya sangat memungkinkan untuk mencalonkan kembali menjadi Wakil Presiden RI.

Namun hal itu tidak dijalaninya lantaran mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu sadar dengan usianya yang sudah lanjut.

“Dan saya juga tidak mencalonkan diri, walaupun mungkin saya masih mungkin secara konstitusi, tapi saya sudah tidak ingin karena umur saya sudah cukup tua sudah 81,” kata Ma’ruf Amin.

“Jadi kalau mencalonkan lagi itu maka terlalu tua,” lanjutnya.

Maka dari itu dia tidak mencalonkan diri lagi sebagai Wakil Presiden agar ada regenerasi. Dirinya juga berharap Pemilu 2024 kali ini berjalan damai. Siapapun yang menang, kata Ma’ruf, harus diterima dengan lapang dada.

Diketahui, dia juga menegaskan akan tetap netral dalam menyikapi dinamika Pemilu 2024.

Ma’ruf mengatakan pilihannya dalam Pemilu ini dirahasiakan. Ia tidak akan menyampaikan pilihannya ke publik.

“Tapi saya sudah memposisikan diri untuk bersikap netral, tidak memihak, saya bilang saya netral. Perkara nanti pilihan saya, saya akan tuangkan nanti saya pada waktu 14 Februari dan tidak boleh ada yang tahu,” kata Ma’ruf, dalam tayangan YouTube Wapres RI, Kamis (25/1/2024).