REGIONAL

Langgam Pustaka Bakal Gelar Tasik Litera, Semarakan Sastra

×

Langgam Pustaka Bakal Gelar Tasik Litera, Semarakan Sastra

Sebarkan artikel ini
Langgam Pustaka Bakal Gelar Tasik Litera Fest. Foto: Istimewa
Langgam Pustaka Bakal Gelar Tasik Litera Fest. Foto: Istimewa

MEREBEJA.COM – Komunitas Langgam Pustaka Indonesia bakal menggelar Tasik Litera Fest pada 24-30 Juni 2024, di Langgam Coffee and Book, Ruko Bening Regency, Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Isi kegiatan Tasik Litera Fest ini yakni diskusi publik, gelar wicara, bedah buku, hingga penampilan musik dari musisi Tasikmalaya.

Panitia Tasik Litera Fest Agus Salim Maulana mengatakan, kegiatan ini bakal menjadi kalender tahunan Langgam Pustaka.

“Tasik Litera Fest diagendakan akan digelar setiap tahun. Event ini, akan terus digaungkan Langgam Pustaka untuk Tasikmalaya,” kata Agus kepada pikirkanrakyat.com.

Pada hari pertama, Senin (24/6/2024) sore, Tasik Litera Fest akan diisi oleh diskusi publik dengan tema “Sastra Masuk Kurikulum. Pada gelaran ini, dihadirkan narasumber pegiat literasi Vudu Abdul Rahman dan Cecep Susilawan dari Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya. Akan ada pula penampilan musik dari musisi Alm. H Egi Azwul.

Di hari kedua, Selasa (25/4/2024) sore, diisi dengan gelar wicara dengan menghadirkan narasumber jurnalis senior Duddy RS. Bahasan yang diusung dalam gelar wicara tersebut yakni “Media dan Sastra Hari Ini”.

Selanjutnya pada hari ketiga, Rabu (26/6/2024) sore, bakal digelar bedah buku kumcer berjudul “Kucing Hitam” dengan langsung menghadirkan sang penulis Alexandreia Indri Wibawa, juga akan dibarengi penulis Yana S. Atmawiharja. Bedah buku ini juga bakal dimeriahkan The Baras.

Pada hari keempat, Kamis (27/6/2024) sore, acara dilanjutkan dengan diskusi publik perihal dunia kesenian. Tema diskusi tersebut yaitu “Teater Tasikmalaya Hari Ini”, dengan menghadirkan narasumber teaterawan Tatang Pahat.

Lalu pada hari kelima, Jumat (28/6/2024) sore, akan digelar pula diskusi publik yang bakal membahas seputar dunia sastra dengan tema “Sastra Tasikmalaya Terkini. Diskusi tersebut bakal menghadirkan sastrawan Bode Riswandi sebagai narasumber. Acara itu bakal dimeriahkan oleh kelompok musik Adu Renyom.

Sementara pada hari keenam, Sabtu (29/6/2024) sore, Tasik Litera Fest bakal menghadirkan sastrawan Sunda Nunu Nazarudin Azhar dalam sebuah diskusi publik bertema “Sastra Sunda Terkini”.

Di hari terakhir, Minggu (30/6/2024), Tasik Litera Fest dipungkas dengan gelar wicara mengenai “Penerbitan Buku di Tasikmalaya Hari Ini”. Acara itu bakal diisi oleh pengusaha penerbitan Mufidz At-Thoriq. Musisi sekaligus violist Alma Maheltra akan turut memeriahkan acara tersebut.

Agus juga berharap Tasik Litera Fest dapat eksis menjadi event tahunan di Tasikmalaya serta dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan sastra.

“Ya mudah-mudahan menjadi salah satu event tahunan untuk Tasikmalaya. Dan mengharumkan geliat kesusastraan di Tasikmalaya.” tukas Agus.