INTERNASIONAL

Israel-Hamas Gencatan Senjata, Uni Eropa: Jeda Ini Harus Diperpanjang

×

Israel-Hamas Gencatan Senjata, Uni Eropa: Jeda Ini Harus Diperpanjang

Sebarkan artikel ini
Josep Borrell. Foto: trend.sk

MEREBEJA.COM – Banyak pihak yang menginginkan gencatan senjata Israel-Hamas bukan untuk sementara. Salah satunya dari Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell yang menyerukan perpanjangan gencatan senjata itu ketika delegasi dari negara-negara anggota Uni Eropa dan negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara bertemu pada hari Senin (27/11/2023) di Barcelona.

“Jeda ini harus diperpanjang, agar hal ini berkelanjutan dan bertahan lama sambil mengupayakan solusi politik,” kata Borrell.

Sebanyak empat puluh dua delegasi berkumpul pada acara yang diselenggarakan oleh Persatuan Mediterania itu, dan banyak yang diwakili oleh menteri luar negeri mereka. Pertemuan tersebut dipimpin oleh Borrell, dan Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi.

Israel tidak menghadiri pertemuan tersebut, yang dalam beberapa tahun terakhir sebagian besar menjadi forum kerja sama antara Uni Eropa dan dunia Arab.

“Israel memiliki tempat di Persatuan Mediterania, dan saya dengan tulus berharap bahwa kita akan memiliki Israel lagi dalam pertemuan ini di masa depan,” ujar Borrell.