REGIONAL

Dunia Pedalangan Berduka, Dalang Asep Truna Meninggal Dunia

×

Dunia Pedalangan Berduka, Dalang Asep Truna Meninggal Dunia

Sebarkan artikel ini
Dalang Asep Truna. Foto: Tangkapan Layar

MEREBEJA.COM – Jagat kesenian tradisional Jawa Barat kembali berduka dengan berpulangnya salah satu maestro wayang golek asal Bandung, dalang Asep Truna. Dalang yang juga penceramah itu dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (4/5/2024).

Kabar duka itu dikonfirmasi oleh Adi Irwana Truna yang merupakan anak dari mendiang Asep Truna, dalam sebuah unggahan di akun facebooknya.

“Bismillahirohmanirohim, Ki Asep Truna sing kebat manjing rahmat-Nya, (Ki Asep Truna semoga lancar mendapatkan ramhat-Nya,)” tulisnya dalam postingan tersebut.

Unggahan itu pun mendapat banyak komentar dari para seniman Sunda termasuk para dalang yang pernah bersama-sama dengan Asep Truna. Seperti dalang Apep Hudaya, dalang Acip Sunandar Sunarya, dalang Cevi Whiesa Manunggaling Hurip, dan dalang Irwana Bagja.

“Innalilahi wainnalilahi rojiun. Bah hapunten abdi sok mindeng heureuy ka Abah. Mugia Abah ditampi iman islamna dihapunten noda dosana, (Bah maafkan saya suka sering bercanda sama Abah. Semoga Abah diterima iman Islamnya dan dimaafkan noda dosanya,)” tulis dalang Irwana Bagja dalam sebuah komentar.

Semasa hidupnya, Asep Truna banyak melakukan aktifitas kesenian dengan seniman seperti dalang Asep Sunandar Sunarya, Kang Ibing, Aom Kusman, Ade Batax, Jenong, dan sejumlah seniman Sunda ternama lainnya.

Dirinya juga cukup lama mengasuh sebuah program radio bersama Kang Ibing pada sekitar tahun 2000-an, mengasuh program televisi berjudul ‘Sasagon’, dan turut aktif dalam program ‘Borangan’ (Ngabodor Sorangan) yang diasuh oleh Taufik Faturohman.

Di kalangan pedalangan sendiri, seniman kelahiran 1954 itu merupakan sosok yang sangat dihormati, karena dia merupakan salah satu dalang sepuh dari Jawa Barat.