PILKADA 2024

Perebutan Kursi Z1 Akan Panas? Bursa Calon Bupati Tasikmalaya 2024

×

Perebutan Kursi Z1 Akan Panas? Bursa Calon Bupati Tasikmalaya 2024

Sebarkan artikel ini
Bursa Calon Bupati Tasikmalaya 2024. Ilustrasi: MEREBEJA.COM/WILDAN

MEREBEJA.COM – Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2024 mulai ramai diperbincangkan. Beberapa nama pun mulai mencuat dalam bursa Calon Bupati Tasikmalaya.

Selain calon dari petahana Ade Sugianto, muncul nama-nama lain yang dinilai cukup mumpuni untuk bertarung di pemilihan Bupati Tasikmalaya periode 2024-2029.

Ada nama Iwan Saputra, kader Partai Golkar yang sebelumnya rival dari Ade Sugianto di Pilkada 2019. Saat ini Iwan Saputra sudah terang-terangan akan maju kembali dalam Pilkada Tasikmalaya 2024.

Dia sudah melakukan deklarasi di beberapa kecamatan dan sudah banyak memasang baliho di berbagai lokasi dan sudut jalan raya.

Dalam bliho tersebut, bertuliskan untuk menjadi calon Bupati Tasikmalaya 2024, seperti di wilayah Kecamatan Singaparna, Kecamatan Leuwisari dan beberapa kecamatan lainnya.

Saat ini, dia menjabat sebagai wakil ketua Bappilu Partai Golkar Jawa Barat. Sebelumnya Iwan Saputra di Pilkada lalu berpasangan dengan Iip Miftahul Paoz.

Selain itu, muncul nama Asep Sopari Al Ayubi yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

Asep Sopari sendiri adalah kader Partai Gerindra yang kini menjabat Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya.

Jabatannya di partai dan juga di pemerintahan, dinilai mumpuni untuk maju menjadi calon Bupati Tasikmalaya. Terlebih, dirinya merupakan kader muda yang juga sebagai aktivis karena pernah menjabat sebagai Ketua HMI Tasikmalaya ketika mudanya.

Ada pula nama Wakil Bupati Tasikmalaya saat ini, yakni Cecep Nurul Yakin. Dia merupakan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang menjabat sebagai Ketua DPC PPP Kabupaten Tasikmalaya.

Walaupun partai berlambang kabah itu gagal lolos ke Senayan namun sampai saat ini kota dan kabupaten Tasikmalaya merupakan lumbung suara PPP.

Sebelumnya, dalam Musyawarah Kerja Cabang I (Mukercab) DPC PPP Kabupaten Tasikmalaya merekomendasikan Ketua DPC PPP Kabupaten Tasikmalaya, H. Cecep Nurul Yakin untuk menjadi Bupati Tasikmalaya periode 2025-2030.

Selain Iwan Saputra, di tubuh Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya ada pula nama Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Yod Mintaraga. Yod sendiri adalah kader senior partai berlambang pohon beringin itu.

Akhir-akhir ini banyak bermunculan baliho-baliho yang bernarasi Yod Mintaraga calon Bupati Tasikmalaya. Walaupun dia harus bersaing dengan Iwan Saputra untuk mendapatkan tiket pencalonan dari DPP atau bisa jadi Yod berpasangan dengan Iwan Saputra sendiri.

Perebutan kursi Z1 di Gedung Bupati Tasikmalaya tampak akan berlangsung panas karena beberapa kelompok masyarakat sudah menyatakan ingin adanya perubahan dalam pembangunan Kabupaten Tasikmalaya. Mengingat, sampai hari ini masih banyak pekerjaan rumah bagi Pemkab Tasikmalaya yang harus diselesaikan. *** (IN)