EKOSISTEM

Berang-berang Raksasa yang Kini Dianggap Telah Punah

×

Berang-berang Raksasa yang Kini Dianggap Telah Punah

Sebarkan artikel ini
Berang-berang raksasa. Foto: Istimewa

Berang-berang raksasa adalah jenis mamalia pemakan daging yang berasal dari Amerika Selatan. Mereka adalah anggota keluarga weasel yang paling panjang, mencapai 1,7 meter.

Berbeda dengan berang-berang biasa, ukuran berang-berang raksasa mencapai 1,82 meter panjang dan berat tubuh 34 kilogram.

Mereka memiliki tubuh panjang dengan ekor kuat, kaki berselaput, dan bulu yang tahan air agar tetap hangat.

Hewan ini memiliki tubuh coklat dengan bercak putih di bawah leher dan sering disebut sebagai jaguar air atau serigala sungai.

Asal berang-berang raksasa ditemukan di berbagai wilayah Amerika Selatan, terutama di sekitar sungai Amazon dan Pantanal. Sayangnya, distribusi mereka telah menyusut dan terputus.

Selama beberapa dekade terakhir, banyak pemburu ilegal yang berburu berang-berang ini untuk kulit beludru mengakibatkan penurunan drastis dalam populasi mereka, khususnya pada tahun 1950-an dan 1960-an.

Spesies ini sudah dianggap sebagai spesies yang terancam punah sejak tahun 1999, dan diperkirakan jumlah berang-berang jenis raksasa liar saat ini kurang dari 5.000 individu.

Sebagian dari populasi yang tersisa dapat ditemukan di wilayah Guiana, yang juga memberikan perlindungan penting bagi spesies ini di cekungan Amazon di Peru.

Pada tahun 2003, hanya ada 60 individu yang dibiakkan dalam penangkaran. Berang-berang ini memiliki berbagai adaptasi yang membantu mereka hidup di lingkungan air, seperti bulu yang sangat tebal, ekor yang berbentuk seperti sayap, dan kaki berselaput.

Mereka lebih menyukai daerah sungai dan perairan tawar yang sering banjir musiman, dan mungkin juga menghuni danau dan sungai air tawar.

Berang-berang ini membangun tempat tinggal besar di dekat tempat makanan mereka dan membantu menjaga vegetasi dalam skala yang besar.