PEMILU 2024

AS Siap Jalin Kerjasama Dengan Prabowo Bila Terpilih Jadi Presiden RI

×

AS Siap Jalin Kerjasama Dengan Prabowo Bila Terpilih Jadi Presiden RI

Sebarkan artikel ini

MEREBEJA.COM – Juru Bicara Dewan Keamanan Amerika Serikat (AS) John Kirby mengatakan, gedung putih siap bekerja sama dengan Prabowo Subianto apabila terpilih menjadi Presiden RI.

“Kami memberikan selamat kepada rakyat Indonesia atas pemilu yang sukses. Presiden (Biden) tidak sabar untuk segera berinteraksi dengan pemerintahan yang baru dan memperkuat kerja sama kami yang saat ini sudah pada tahap kemitraan strategis,” kata Kirby, dikutip VOA Indonesia, Rabu, (7/3/2024).

Kirby mengatakan, gedung putih sendiri mengikuti dengan seksama proses penghitungan suara yang tengah berlangsung, di mana Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memimpin jauh dari dua pasangan lainnya.

Selama ini, kata dia, AS dan Prabowo Subianto memiliki hubungan yang baik sejak menjabat sebagai menteri pertahanan.

“Kami memiliki hubungan kerja sama yang sangat baik dengannya sejak ia menjabat menteri pertahanan, dan apabila ia pada akhirnya terpilih, maka kami berharap dapat melanjutkan hubungan tersebut,” ucapnya.

AS Sempat Cekal Prabowo

Seperti diketahui, hubungan Prabowo dan Amerika Serikat sempat memanas dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, AS sempat mencekal Prabowo pasca reformasi akibat rekam jejaknya yang buruk dalam isu HAM.

Prabowo yang pernah menjadi menantu mantan Presiden Suharto yang memerintah Indonesia selama 32 tahun, dituduh melakukan penculikan dan penyiksaan aktivis prodemokrasi pada tahun 1998.

Saat dimintai tanggapan terkait kemunduran demokrasi Indonesia, dia menjawab secara diplomatis.

“Kami tidak pernah mundur memperjuangkan keprihatinan kami akan isu HAM, hak-hak sipil dan nilai-nilai institusi demokrasi dan Presiden (Biden) sama sekali tidak akan berhenti menyampaikan keprihatinan kami,” katanya.