PEMILU 2024

Al Jazeera Bahas ‘Nepo Baby’ Gibran

×

Al Jazeera Bahas ‘Nepo Baby’ Gibran

Sebarkan artikel ini
Al Jazeera Bahas Nepo Baby Gibran
sumber gambar : www.suara.com

MEREBEJA.COM – Al Jazeera bahas nepo baby Gibran Rakabuming yang disematkan warganet Indonesia.

Al Jazeera bahas nepo baby Gibran Rakabuming pada artikel berjudul “Indonesian leader’s son brushes off ‘nepo baby’ tag in feted debate showing” (Putra pemimpin Indonesia menepis sebutan ‘nepo baby’ dalam acara debat yang meriah).

Dalam artikel tersebut Al Jazeera menuliskan tentang kemampuan Gibran Rakabuming dalam acara debat calon wakil presiden (cawapres) pada hari Jumat (22/12/2023).

Dalam beritanya, jurnalis Al Jazeera,  Aisyah Llewellyn, menuliskan bahwa Gibran Rakabuming telah berhasil menepis tuduhan kurangnya pengalaman dan nepotisme.

Baca juga : Debat Capres, Prabowo: Kita Bertekad Memberantas Korupsi

Al Jazeera juga menulis, Putra pertama Presiden Joko Widodo itu mendominasi panggung debat walaupun tengah berhadapan dengan 2 kandidat yang lebih berpengalaman.

Warganet Indonesia memang menyematkan julukan nepo baby pada suami dari Selfi Ananda tersebut. Pasalnya, warganet menganggap Gibran masih terlalu muda untuk dicalonkan menjadi calon wakil presiden RI.

Banyak yang beranggapan menjadi putra presiden merupakan sebuah privilege yang memudahkan Gibran melangkah hingga sukses mendapat kesempatan menjadi cawapres.

Istilah nepo baby adalah singkatan dari nepotism baby, yang artinya bayi nepotisme.

Nepotisme adalah praktik mengunggulkan seseorang, khususnya dalam hal pekerjaan, karena identitasnya dan bukan semata-mata kemampuannya saja.

Tak berarti tidak berbakat, namun perjalanan karier nepo babies mendapat anggapan jauh lebih mudah karena mendapat dukungan khusus berkat privilege orangtuanya.

Menurut perkiraan, istilah nepo baby  muncul sejak awal tahun 2010.

Namun, penggunaan julukan tersebut meningkat di media sosial X dan TikTok pada pertengahan tahun 2022.

Mengutip laman Today, istilah nepo baby pertama kali muncul dalam industri hiburan di Amerika Serikat.

Sejumlah artis muda Hollywood yang lekat dengan istilah nepo baby, yakni Willow dan Jaden Smith. Keduanya merupakan anak dari pasangan Jada Pinkett dan Will Smith.

Adapula Lily-Rose Depp yang merupakan anak perempuan dari pasangan Johnny Depp dan Vanessa Paradis.

Tak ketinggalan, banyak yang menganggap ketenaran istri dari Justin Bieber, Hailey Baldwin, karena sosok ayahnya, Stephen Baldwin.