PEMILU 2024

Surya Paloh Bertemu Jokowi di Istana, Auto Balik Kanan?

×

Surya Paloh Bertemu Jokowi di Istana, Auto Balik Kanan?

Sebarkan artikel ini

MEREBEJA.COM – Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh Minggu (18/2/2024) malam.

Pertemuan itu menyedot perhatian publik pasca pencoblosan Pilpres 2024. Mencuat pula isu pertemuan itu sebagai proses rekonsilisasi dengan Nasdem gabung ke koalisi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pakar politik Universitas Andalas Padang Asrinaldi menganalisa bahwa pertemuan Jokowi dan Paloh bukanlah pertanda masuknya Nasdem ke koalisi Prabowo-Gibran.

“Saya memahami pertemuan ini bukan dalam konteks koalisi. Ini lebih kepada konteks hasil pemilu yang sekarang sedang dihitung,” kata Asrinaldi dikutip dari Antara, Senin (19/2/2024).

Menurutnya, pertemuan tersebut lebih membahas soal proses pemilu dari mulai pemungutan hingga penghitungan suara di daerah.

Dia mengatakan hal itu dibahas karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terkendala melakukan penghitungan di beberapa daerah.

“Saya yakin itu yang dibicarakan. Artinya bahwa jangan ini jadi gugatan, konflik atau sengketa,” ujarnya.

Terkait sikap politik Nasdem, dia masih meyakini kemungkinan parpol yang dipimpin Paloh itu masih kokoh berada di barisan oposisi.

Jokowi sendiri mengaku ingin menjadi jembatan bagi semua pihak. Meski begitu, ia menegaskan keputusan mengenai sikap politik adalah urusan internal setiap partai politik (parpol).

“Ini baru awal-awal, nanti kalau sudah final kami sampaikan, tapi itu sebetulnya, saya itu hanya menjadi jembatan, yang paling penting kan partai-partai,” kata Jokowi kepada awak media di RSPPN, Bintaro, Jakarta Selatan, Senin, (19/2/2024).