PILKADA 2024

Sudirman Said Calonkan Diri di Pilgub DKI Jakarta 2024

×

Sudirman Said Calonkan Diri di Pilgub DKI Jakarta 2024

Sebarkan artikel ini

MEREBEJA.COM – Para Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta mulai bermunculan. Salah satunya, mantan Co-Captain Tim Nasional Anies-Muhaimin, Sudirman Said, yang menyatakan diri siap maju sebagai Calon Gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 mendatang.

Sudirman pun siap untuk bersaing dengan Anies Baswedan yang dulu ia dukung pada Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Sudirman kepada awak media saat ia diundang menghadiri acara relawan di Pondok Pesantren Sokotunggal, Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (23/5/2024) malam.

Mantan Menteri ESDM itu mengatakan, ada tiga alasan ia ingin menjadi orang nomor satu di Jakarta.

Pertama, Jakarta memasuki masa transisi dari Ibu Kota negara menjadi daerah khusus pusat perekonomian Indonesia. Ia tak ingin Jakarta kembali dijadikan batu loncatan karier politik seperti yang dilakukan dua periode belakangan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Anies Baswedan.

“Karena transisi ini begitu besar pekerjaannya, sebaiknya yang memimpin Jakarta itu pihak yang memang ingin fokus menyelesaikan masalah-masalah,” tutur Sudirman.

“Bukan orang yang sedang nyari tangga untuk karier politik berikutnya, Jakarta jangan terus-terusan dijadikan sebagai ya batu pijak, batu loncatan,” katanya.

Alasan kedua, dia mengaku mengerti Jakarta dalam posisi transisi. Oleh sebab itu, dirinya menginginkan proses transisi berjalan mulus tanpa ada gangguan.

Menurutnya, pemimpin yang dibutuhkan di masa transisi ini adalah gubernur Jakarta yang bisa bekerjasama dengan pemerintah pusat.
“Tidak elok kalau gubernur Jakarta itu berseberangan karena banyak sekali isu-isu transisi yang harus diselesaikan,” katanya.

Alasan ketiga, yakni masih banyak masyarakat Jakarta yang berada dalam kategori miskin. Sudirman menyebutkan, ada 40% warga Jakarta yang masih berada dalam kategori miskin, 22% tinggal di daerah kumuh.

“Kemudian 1,2 juta menjadi operator ojek online, 500 ribuan dalam kategori miskin absolut,” ucapnya.

Sebab itu lah, Sudirman ingin memberikan pengabdiannya menjadi Gubernur Jakarta periode 2024-2029.