EKSKLUSIFPEMILU 2024

Konsultasi Jatah Kursi Menteri Pada Megawati

×

Konsultasi Jatah Kursi Menteri Pada Megawati

Sebarkan artikel ini
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto: Dok. Gibran Rakabuming Raka

MEREBEJA.COM – Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengatakan bakal berkonsultasi dengan para senior, termasuk Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, mengenai susunan kabinet pemerintahan mendatang bersama Prabowo Subianto.

“Ya nanti ya, senior-senior, tokoh-tokoh, ketua-ketua semua kami mintai masukan nggih,” kata Gibran di KPU Solo, Banjarsari, (2/5/2024).

“Tak terkecuali beliau (Megawati),” katanya, saat ditanya Presiden kelima Indonesia itu akan dimintai masukan atau tidak.

Kendati demikian, Gibran mengaku belum ada komunikasi dengan Megawati untuk hal itu. Dia meminta publik bersabar mengenai susunan kabinet pemerintahan mendatang.

“Belum (komunikasi),” ujarnya.

“Ya ditunggu saja, nanti ditunggu saja. Untuk susunan kabinet komposisinya ditunggu saja,” imbuhnya.

Gibran pun menegaskan tokoh-tokoh yang akan mengisi kabinetnya menjadi keputusan dari Prabowo.

“Itu (kabinet) nanti keputusannya presiden terpilih,” tuturnya.

Prabowo Subianto Akan Bentuk Presidential Club

Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Azhar Simanjuntak mengungkapkan Prabowo bakal membentuk ‘Presidential Club’ yang diisi oleh para mantan Presiden Republik Indonesia (RI) yang masih hidup sampai saat ini.

“Presidential Club itu istilah saya saja, bukan institusi. Ya, [isinya] semua mantan Presiden kita yang masih ada,” ungkap Dahnil, Jumat (3/5/2024).

Dahnil menjelaskan pembentukan Presidential Club ini bertujuan agar para mantan presiden bisa tetap rutin bertemu dan berdiskusi tentang masalah-masalah strategis kebangsaan.

Sehingga, kata dia, silaturahmi kebangsaan tetap terjaga dan menjadi teladan.

Dahnil pun mengatakan Prabowo berharap para pemimpin di Indonesia bisa kompak, rukun, guyub memikirkan dan bekerja untuk kepentingan rakyat. Semua itu, katanya, terlepas dari perbedaan pandangan politik dan sikap politik masing-masing.

“Insyaallah pada waktunya, Pak Prabowo pasti bertemu dengan Pak Jokowi [Presiden ke-7 RI], Pak SBY [Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono], dan Bu Megawati [Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri] secara bersama-sama,” tutur Dahnil.

KPU RI pada Rabu (20/3/2024) resmi menetapkan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang dalam Pilpres 2024 dengan perolehan 96.214.691 suara sah atau setara 58,6 persen dari 164.227.475 suara nasional. (*)

Dukung jurnalisme yang independen dan sehat, berlangganan merebeja.com secara gratis untuk mendapatkan informasi terbaru dan menarik dengan mengikuti kami:

YouTube :
https://www.youtube.com/merebejacom_tv
Instagram :
https://www.instagram.com/merebejacom/
Facebook :
https://www.facebook.com/merebeja.com
TikTok :
https://www.tiktok.com/@merebeja.com