PILKADA 2024

Emang Boleh Sebanyak Ini? Bursa Calon Wali Kota Tasikmalaya 2024

×

Emang Boleh Sebanyak Ini? Bursa Calon Wali Kota Tasikmalaya 2024

Sebarkan artikel ini
Bursa Calon Wali Kota Tasikmalaya 2024. Ilustrasi: MEREBEJA.COM/WILDAN

MEREBEJA.COM – Menjelang digelarnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tasikmalaya tahun 2024, telah mengerucut pada beberapa nama yang disinyalir akan maju sebagai calon Wali Kota Tasikmalaya.

Hal tersebut didasarkan dengan ramainya perbincangan di masyarakat terkait nama-nama tersebut juga kemunculan baliho-balihonya di berbagai titik di Kota Tasikmalaya.

Lantas siapa saja yang digadang-gadang akan maju untuk memperebutkan kursi Z1 di Bale Kota Tasikmalaya? Seberapa pula kekuatan mereka untuk dapat memenangkan hati para calon pemilih?

Pertama, ada nama mantan Wali Kota Tasikmalaya periode 2021-2022 sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf. Setelah menjadi wakil Budi Budiman yang tak sempat menuntaskan masa jabatannya lalu melanjutkan kursi pemerintahan kota selama dua tahun, Yusuf diprediksi akan kembali mencalonkan diri. Hal itu diperkuat dengan telah turunnya surat penugasan dirinya dari DPP Partai Golkar.

Kedua, nama Ivan Dicksan Hasannudin yang saat ini menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya. Ivan disebut-sebut memiliki kekuatan di birokrasi dan namanya telah dikenal luas masyarakat. Hal itu diperkuat dengan masuknya nama Ivan ke dalam radar DPC PPP Kota Tasikmalaya, walaupun dirinya harus bersaing mendapatkan tiket pencalonan dengan sejumlah kader partai berlambang kabah itu, seperti Yanto Oce dan Agus Wahyudin yang dinilai cukup kuat akan mendapatkan mandat pencalonan tersebut.

Ketiga, Yanto Aprianto (Yanto Oce) yang merupakan kader PPP Kota Tasikmalaya. Dari jauh-jauh hari dirinya paling rajin melakukan sosialisasi ke masyarakat, namun, Yanto pun harus dibuat galau dengan kehadiran nama Agus Wahyudin dan Ivan Dicksan yang juga disorot oleh partainya.

Keempat, hadir nama kader Partai Demokrat Kota Tasikmalaya Azies Rismaya Mahfud yang juga sempat mencalonkan diri dalam Pilkada Kabupaten Tasikmalaya. Kekalahan di Pilkada lalu tak membuatnya kapok untuk kembali mencoba peruntungan di dunia politik. Pembisnis dari keluarga Mayasari Group ini sudah terang-terangan menyatakan akan mencalonkan diri dalam Pilkada Kota Tasikmalaya 2024.

Selanjutnya, ada pula nama mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Uu yang juga mantan Bupati Tasikmalaya dua periode itu dihadapkan dua pilihan antara maju sebagai Calon Gubernur Jawa Barat atau ikut dalam Pilkada Kota Tasikmalaya, namun sampai saat ini, dirinya dikatakan masih mempertimbangkan arah politiknya.

Selain dari politisi senior, hari pula politisi muda dari Partai Gerindra Kota Tasikmalaya Viman Alfarizi Ramadhan. Akhir-akhir ini banyak bertebaran baliho yang bertuliskan ‘Viman Alfaridzi Walikota’. Bahkan, Ketua Gerindra Kota Tasikmalaya yang juga Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Aslim, telah turun gunung untuk mensosialisasikan kadernya itu. Saat ini, Viman menjabat Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.

Tak mau kalah, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Tasikmalaya pun turut menyodorkan dua nama dalam Pilkada kali ini. Nama yang akan diusung partai Islam itu adalah Yadi Mulyadi dan Dede Muharam.

Nama-nama lain yang masuk ke dalam bursa pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tasikmalaya 2024-2029 ialah kader PDIP Kota Tasikmalaya Muslim, Ketua MUI Kota Tasikmalaya KH. Aminudin Busthomi, Ketua DPC PKB Kota Tasikmalaya Wahid, Ketua DPD PAN Kota Tasikmalaya Hendro Nugraha, serta kader PPP Kota Tasikmalaya Enjang Bilawini.

Untuk diketahui, berdasarkan keputusan yang ditandatangani Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 akan dilaksanakan pada Rabu, 27 November 2024. ***