PILKADA 2024

Anies Baswedan Jadi Rebutan Partai di Pilkada Jakarta

×

Anies Baswedan Jadi Rebutan Partai di Pilkada Jakarta

Sebarkan artikel ini
Anies Baswedan. Foto: Viva

MEREBEJA.COM – Langkah Anies Baswedan untuk kembali menduduki kursi Gubernur DKI Jakarta kini semakin mulus.

Pasalnya, sederet partai politik besar mulai ramai-ramai gencar mendukung Anies untuk maju di Pemilihan Gubernur atau Pilgub DKI Jakarta.

Anies pun kini mulai menyambangi para partai yang telah mempertimbangkan untuk mendukungnya di kontestasi politik tersebut.

Pertama datang dari PKS. Ketua DPW Partai PKS Jakarta, Khoirudin kepada wartawan, Kamis (23/5/2024) mengaku pihaknya telah melirik Anies sebagai potensi kuat Calon Gubernur DKI Jakarta.

Kendati demikian, dia menegaskan pihaknya masih harus menggodok keputusan tersebut ke pusat sebelum memutuskan untuk mendukung Anies.

Di sisi lain, PKS kini dilanda dilema lantaran PDI Perjuangan (PDIP) yang menjadi ‘rival’ PKS juga turut mengusung Anies Baswedan.

Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024) memberi pendapatnya soal dilema tersebut.

Dia tak ambil pusing dan mengaku pihaknya terbuka untuk berkoalisi dengan PDI Perjuangan. Dirinya menilai PKS tak pernah ‘bermusuhan’ dengan partai apapun termasuk PDI Perjuangan.

Ia mengambil contoh kala Joko Widodo (Jokowi) maju di Pemilihan Wali Kota Surakarta di masa lalu. Adapun kala itu, PKS dan PDIP berkoalisi untuk mengusung Jokowi.

Kedua, ada PDI Perjuangan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, PDIP turut mempertimbangkan Anies untuk diusung ke Pilgub DKI Jakarta 2024.

Hal itu diungkap oleh Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Pantas Nainggolan, Selasa (11/6/2024).

PDIP juga tengah menggodok nama lain yang potensial yakni eks Panglima TNI Andika Perkasa. Lalu, juga ada nama sosok anggota DPRD, Rasyidi dan eks Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi.

Sementara Partai NasDem akhirnya mempertimbangkan Anies untuk maju di Pilgub DKI Jakarta. Hal itu untuk ‘membalas’ kekalahan Anies di Pilpres 2024.

Wacana itu diutarakan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai NasDem Prananda Paloh, Selasa (28/5/2024) lalu.

Namun, Prananda Paloh menegaskan partainya akan memprioritaskan kadernya untuk diusung ke Pilgub DKI Jakarta.

Tak ketinggalan PKB, yang menjadi satu-satunya partai yang detik ini sudah tegas mengusung Anies untuk maju di Pilgub DKI Jakarta.

Bahkan, DPW PKB DKI Jakarta telah menggelar deklarasi mendukung Anies Baswedan, di kantor DPW PKB DKI Jakarta, kawasan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur pada Rabu (12/6/2024).

Merespon deklarasi tersebut, Anies keesokan harinya menyambangi kantor DPW PKB dan disambut oleh Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas.