EKSKLUSIFPILKADA 2024

Diisukan Maju Pilgub DKI Jakarta 2024, Basuki Hadimuljono Pilih Pensiun

×

Diisukan Maju Pilgub DKI Jakarta 2024, Basuki Hadimuljono Pilih Pensiun

Sebarkan artikel ini
Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono. Foto: TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

MEREBEJA.COM – Salah satu nama yang mencuat untuk diusung di Pilkada Jakarta pada November 2024 mendatang adalah Basuki Hadimuljono, yang saat ini menjabat sebagai Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Nama Basuki muncul, karena dianggap berprestasi dalam memimpin Kementerian PUPR. Salah satu yang memunculkan namanya adalah PDIP. Basuki dipercaya sebagai menteri oleh Presiden Jokowi sejak periode pertamanya 2014-2019.

Hal itu bermula dari PDI Perjuangan, yang membeberkan nama-nama potensial untuk diusung sebagai bakal calon Gubernur Jakarta, yang mana salah satunya nama tersebut adalah Basuki Hadimuljono.

Menanggapi dirinya disiapkan untuk maju di Pilkada DKI Jakarta, Basuki menegaskan penolakannya. Bahkan, dia mengaku sudah melapor kepada Presiden Joko Widodo terkait hal tersebut, saat melakukan berbagai kunjungan kerja di daerah.

“Saya sudah bilang (sama) Pak Presiden waktu ngobrol-ngobrol di lapangan itu. ‘Enggak Pak’ (tidak maju di pilkada),” kata Basuki di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat, (3/5/2024).

Basuki mengaku tidak berminat dengan peluang yang ditawarkan kepadanya tersebut. Dia mengaku wilayah itu bukanlah keahliannya, sehingga dia merasa tak memiliki kapasitas dalam pencalonan tersebut.

“Terima kasih, dan saya sudah bilang enggak. DNA saya enggak ada di situ,” ujar Basuki.

Alasan lain, Basuki menegaskan bahwa dirinya adalah seorang birokrat, dan sudah berumur 70 tahun. Sehingga tidak akan mengambil tawaran itu. Hal-hal inilah yang membuatnya mengaku enggan dengan tawaran untuk menjadi Cagub Jakarta tersebut.

“Saya ini birokrat dan (usia) saya sudah 70 tahun. Jadi DNA-nya memang sudah di situ,” tutur Basuki.

Mengenai komunikasi dengan partai politik seperti PDIP dan pihak lainnya terkait Pilkada Jakarta, Basuki membantahnya.

“Enggak ada. Tapi saya kalau ditanya, saya bilang enggak,” tambahnya.

Sebelumnya PDIP mengungkap sejumlah nama potensial untuk diusung di Pilkada Jakarta. Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta, Pantas Nainggolan mengatakan, nama-nama tersebut antara lain seperti Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, hingga Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Selain itu, ada pula Eks Panglima TNI sekaligus Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

“Pak Basuki Juga, termasuk juga Pak Andika Perkasa. (Ahok) ya dia kader-kader kita juga, tapi kan dalam mengambil keputusan pasti kita mempertimbangkan banyak hal,” kata Pantas.